Profil Superstar WWE: Rey Mysterio (part 1)

Profil Superstar (4): Rey Mysterio

Rey Mysterio adalah Superstar terkenal yang sangat unik, karena dia berada digolongan High Flyer. 
Bertubuh kecil bukan penghalang buat dia, Mysterio sepanjang hidupnya sering dan selalu berhadapan dengan lawan yang lebih besar. 
Topeng yang selalu ia pakai mengisyaratkan bahwa dia adalah keturunan Mexico sejati yang memelihara tradisi Mexico. Mau tau selengkapnya?


Nama Asli : Oscar Guiterrez
Nama Ring : Rey Mysterio
Berat/Tinggi    : 1.68 m / 79 kg
Kota Asal        : Chula Vista Negara bagian California
Kebangsaan  : Amerika Serikat
Tanggal Lahir : 11 Desember 1974
Debut               : 1989
Dilatih Oleh     : Rey Misterio Sr.


Awal Kehidupan 

Guiterrez muda yang berdarah Mexico memulai karier saat dia masih menginjak 14 tahun. Dia yang sangat muda memilih tinggal dan dilatih oleh pamannya Rey Misterio Sr yang sudah dari dulu menjadi pegulat profesional. Tubuhnya yang kecil kemudian diarahkan oleh pamannya menjadi pegulat dengan tipe High Flyer yakni pegulat yang bisa terbang tinggi. Setelah dirasa siap, 30 April 1989 dia memulai karier dengan nama Colibri sebelum akhirnya pamannya memberi nama Rey Mysterio Jr. Di tahun ke 1992 hingga 1995 dia bekerja di lembaga gulat amatir Asistencia Asesoria y Admisitracion (AAA)

Karier Extreme Championship Wrestling (ECW)

Manager fenomenal Paul Heyman kembali membuktikan bahwa sebenarnya dia adalah seorang yang genius. Keputusannya tepat dengan mengontrak Rey Mysterio yang masih sangat muda 21 tahun untuk bergabung di ECW. Dia melakukan debut pada tahun 1995 bulan September. Sebagian kariernya di ECW juga diwarnai dengan perseteruannya dengan Juventud Guerrera yang merupakan rivalnya di AAA.

World Championship Wrestling (WCW)

Cruiserweight Division

Setelah debut yang bagus dan unik di ECW, WCW tertarik juga untuk merekrut anak muda ini. Di WCW Rey selalu berkecimpung di ranah Cruiserweight Division. Debutnya di WCW 16 Juni 1996 saat itu dia menantang Dean Malenko di acara The American Bash untuk WCW Cruiserweight Champion. Meskipun gagal akhirnya Rey memperoleh gelar pertama sebulan berselang di WCW Monday Nitro dengan mengalahkan Dean Malenko.


Dia memegang title nya selama 3 bulan. Setelah kalah Rey beberapa kali bisa meraih gelar ini lagi salah satunya merebut dari Juventud pada tahun 1998. Setelah itu Rey bergabung dengan Stable yang dibentuk oleh Eddie Guerrero yang dinamakan Latino World Order (LWO) 


Giant Killer and unmasking

Mysterio tanpa topeng
Persaingan antara stablenya LWO dengan New World Order (nWo) semakin memanas. 2 stables ini saling tarik menarik keanggotaan dari Rey Mysterio. Di SuperBawl IX Mysterio berhadapan dengan Kevin Nash dan Nash yang menang memaksanya untuk melepas topengnya. Mysterio yang terpukul dengan keadaan menelpon pamannya dan mengungkapkan kekecewaannya. Baginya Kevin bukan melecehkannya tapi melecehkan budaya Mexico.
Dengan melepas topengnya ia merubah namanya menjadi Giant Killer dengan ambisi balas dendam kepada orang yang lebih besar terutama Kevin Nash. 
Dengan nama itu dia berhasil merebut Cruiserweight championship ke 5 nya dan juga sekaligus menjadi WCW Tag Team Champion dengan Kidman. Meski beberapa bulan kemudian dia kehilangan semua gelarnya.


Return to Mexico and the independent circuit (2001–2002)

Mysterio dan Billy Kidman
Setelah WCW ditutup karena di beli oleh WWE. Beberapa pemain memutuskan untuk keluar, termasuk Rey yang pulang ke Mexico dan berjuang di Independent Circuit bersama mantan Tag Teamnya illy Kidman. Namun akhirnya di kembali ke Amerika dan bergulat untuk beberapa perusahaan. Dia pun bertemu lagi dengan Eddie Guerrero dan CM Punk.






Berlanjut ke part 2